Monday, September 10, 2018

Pantai Paling Indah Di Indonesia

Lanskap Indah Pantai Kuta Lombok dari Bukit Mandalika. 10 Jun 2015 Original Post by Sarah Armetia.
img_2238
Ini bukanlah Kuta di Bali, tetapi Pantai Kuta Lombok yang terletak di pesisir timur Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat dan menyimpan keindahan mempesona yang bahkan tidak kalah dengan Pantai Kuta di Bali.
Daya pikat pesona alam yang mengagumkan dapat Anda temui tatkala mengunjungi Pantai Kuta Lombok. Hamparan pasir putih dengan deburan ombak di garis pantai dan pemandangan terumbu karang di bagian tengahnya seolah siap menghipnotis Anda pada mahakarya Sang Pencipta yang sempurna.
Secara administratif, Pantai Kuta Lombok berada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Pantai ini terbilang luas dengan garis pantai sepanjang 7.200 meter. Tepat di sebelah barat Pantai Kuta, berdiri kokoh sebuah bukit bernama Bukit Mandalika.
kuta-lombok
Menurut kisah lokal, antara Pantai Kuta dan Bukit Mandalika memiliki keterkaitan terutama kisah Bukit Mandalika yang cukup melegenda. Konon, seorang putri bernama Mandalika melompat ke laut dari atas bukit ini karena berusaha bersembunyi dari kejaran seorang pangeran yang ingin mempersuntingnya. Oleh sebab itu, bukit tersebut dinamai sebagai Bukit Mnadalika.
Alamat Pantai Kuta Lombok:
Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Koordinat GPS: -8.894429,116.283876

Lanskap Indah dari Bukit Mandalika

Menikmati indahnya Pantai Kuta dari Bukit Mandalika di Lombok adalah momen paling menarik yang patut Anda dapatkan. Dengan berada di puncak Bukit Mandalika, Anda dapat menyaksikan horizon indah yang terbentang di depan mata dengan lanskap seantero Pantai Kuta yang berair jernih.
pantai-kuta-lombok-2
Bahkan dari puncak bukit ini, Anda dapat melihat gugusan terumbu karang yang berdiri tegar dihempas aliran ombak laut. Jika Anda ingin menghindari sinar matahari yang cukup panas dalam menikmati panorama Pantai Kuta Lombok, maka cara terbaik adalah dengan memanfaatkan keberadaan Bukit Mandalika ini. Anda dapat berteduh di sana sembari menikmati panorama laut.

Kegiatan Wisata di Pantai Kuta Lombok

Menghabiskan waktu liburan di Pantai Kuta Lombok dengan berbagai aktivitas tentu menjadi pengalaman yang menyenangkan. Di pantai ini, Anda dapat melakukan serangkaian kegiatan menarik, seperti surfing, snorkeling, atau bermain air dan pasir di pantai sambil menunggu momen sunset yang indah.
bermalas-malasan-di-tepian-pantai-kuta-di-lombok-600x428
Jika Anda berjalan ke arah timur sejauh 2 kilometer dari Pantai Kuta Lombok, Anda akan menjumpai pantai lainnya yang bernama Pantai Seger. Pantai Seger ini masih merupakan bagian dari Pantai Kuta Lombok karena berada pada garis pantai yang sama.
aerial-pantai-kuta-lombok-indonesia
Pemandangan di Pantai Seger juga tak kalah menakjubkan. Pantai Seger lebih cocok untuk kegiatan surfing dan snorkeling di kawasan ini. Anda dapat menemukan tempat penyewaan alat surfing dan snorkeling di sekitar area pantai ini, juga tersedia peralatan berselancar yang dapat disewa.
initempatwisata-pemandangan-pantai-kuta-lombok-dari-bukit-1-1
Pantai Kuta Lombok tidak hanya populer bagi wisatawan domestik, namun juga semakin sering dikunjungi oleh banyak kalangan penikmat perjalanan mancanegara. Jika Anda ingin menginap di kawasan Pantai Kuta ini, sudah tersedia sejumlah penginapan atau hotel di sekitar Pantai Kuta Lombok ataupun Pantai Seger.
pantai-kuta-lombok-1
Jika Anda datang ke Pantai Kuta Lombok untuk tujuan surfing atau snorkeling, maka waktu terbaik untuk melakukan kegiatan tersebut adalah pada periode Juli – Agustus. Biasanya di bulan-bulan tersebut, ombak di Pantai Kuta atau Pantai Seger cukup ideal untuk kegiatan berselancar ataupun menyelam.
14052016070612pantai-kuta-lombok
Saat ingin menyewa peralatan surfing dan snorkeling di sekitar lokasi pantai, gunakanlah kemampuan Anda dalam tawar-manawar harga. Sebab harga pembuka yang datawarkan penyedia rental umumnya terbilang cukup tinggi.
Wisatawan mengunjungi pantai Kuta di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat (13/2).
Jangan lupa pula untuk mengenakan kacamata dan penutup kepala karena cuaca di Pantai Lombok yang satu ini terbilang panas, terutama di musim kemarau. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya gunakan sunblock.
surfing-di-pantai-kuta-lombok-600x392

Hotel di Pantai Kuta Lombok

Di sekitar kawasan Pantai Kuta Lombok terdapat beberapa hotel, homestay, rumah makan, toko souvenir, area parkir yang cukup luas, serta rental alat snorkeling dan surfing. Beberapa hotel yang berjarak dekat dengan pantai ini adalah Kuta Paradise Lombok dan Kuta Indah Hotel. Sunset indah di Pantai Kuta Lombok juga dapat dinikmati dari hotel-hotel yang berjarak dekat dengan pantai.
Anda juga dapat mencari hotel atau penginapan dekat Pantai Kuta Lombok secara online guna memastikan ketersediaan kamar. Salah satu online booking yang populer adalah AGODA.

Rute Perjalanan ke Pantai Kuta Lombok

Jika Anda berangkat dari kota Mataram menuju Pantai Kuta Lombok, maka Anda harus menempuh perjalanan sejauh 72 kilometer dengan melewati arah Tenggara Lombok dan akan menghabiskan waktu minimal 90 menit jika mengggunakan kendaraan pribadi. Jika Anda tidak berencana menginap di kawasan pantai ini, sebaiknya Anda meninggalkan Pantai Kuta Lombok sebelum jam 6 sore. Ini akan berguna bagi keamanan dan kenyamanan perjalanan Anda.
Jika tidak membawa kendaraan pribadi, sebaiknya Anda menyewa kendaraan di rental mobil karena menggunakan transportasi umum biayanya akan cukup mahal. Selain itu,angkutan umum hanya beroperasi sampai jam 3 sore menuju lokasi pantai. Jika terlambat pulang, Anda bisa kehabisan kendaraan umum dan terpaksa harus menginap atau solusi satu-satunya dengan menyewa taksi dengan ongkos yang cukup mahal.
Sebelum tiba di lokasi Pantai Kuta Lombok, Anda pasti akan melewati Desa Sade. Desa Sade ini adalah desa asli Suku Sasak yang merupakan penduduk asli Pulau Lombok. Di desa ini, Anda dapat singgah sebentar untuk melihat proses pembuatan kain tenun khas Suku Sasak dan membeli beberapa potong untuk cinderamata.

Bagikan

Jangan lewatkan

Pantai Paling Indah Di Indonesia
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.